Tujuh kota yang menjadi Saksi Bisu Perisitiwa Sejarah Perkembangan Islam

Istanbul (foto: www.istanbulforfun.com)
Kota Islam – Dalam proses perkembangan Islam banyak meninggalkan kisah dan peristiwa yang menarik, mengharukan dan penuh dengan perjuangan. Tidak hanya di Indonesia, di luar negeri ada beberapa kota yang menjadi saksi bisu peristiwa bersejarah dalam perkembangan agama Islam.
Berikut tujuh kota yang menjadi saksi bisu peristiwa perkembangan islam:

1. Alexandria, Mesir

Kota Alexandria yang berada di Mesir dahulu dikenal dengan nama Iskandariyah terletak 225 kilometer dari Kairo, Mesir. Kota tersebut dijuluki The Pearl of the Mediterranean. Jejek islam yang dapat ditemui di kota ini adalah Masjid Attarine yang semula merupakan gereja, kemudian diubah menjadi masjid ketika Arab berkuasa. Selain itu juga terdapat masjid bersejarah, Masjid Abu Al Abbas Mursi yang merupakan masjid terbesar di kota itu.

Tidak hanya masjid yang menjadi saksi bisu peradaban Islam di kota ini tetapi terdapat pula Benteng Qaitbay yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Qaitbay tahun 1480, serta perpustakaan Universitas Iskandariyah yang menjadi perpustakaan tertua dan super besar.

2. Yerussalem, Israel

Yerussalem merupakan kota penting bagi tiga agama yaitu Islam, Yahudi dan Kristen. Bagi umat Muslim, yang penting adalah Masjid Al Aqsa dan Masjid Qubbat As Sakhrah atau Dome of the Rock yang terdapat di wilayah Haram Al Syarif. Hal ini karena Masjid Al Aqsa menjadi saksi penting dalam peristiwa Isra Miraj.

Selain Al Aqsa terdapat juga Masjid Qubbat As Sakhrah yang dahulu merupakan Masjid Khalifah Umar yang kemudian dipugar dan diperluas oleh Khalifah Al Malik. Namun akibat gempa, masjid ini hancur dan digantikan dengan Masjid Fatimiyah yang dibangun pada awal abad ke-10.

3. Amman, Yordania

Di Kota Amman, Yordania banyak terdapat saksi bisu peradaban islam yaitu:
1. Terdapat peninggalan Nabi Musa AS dan Nabi Syuaib AS
2. Terdapat makam Abdul Rahman Ibn Awf Al Zuhri yang merupakan peninggalan masa perang Islam, seperti Perang Badar, Uhud, dan Mekah.
3. Makam Bilal Ibn Rabah muazin yang terkenal pada masa Rasulullah SAW, serta Gua Ashabul Kahfi yang disebut dalam Al Quran juga terdapat di kota ini.

4. Fes, Maroko

Kota Fes merupakan salah satu kerajaan tertua di dunia dan sering dijuluki sebagai Mecca of West. Kawasan kota tuanya yang disebut sebagai Fes El Bali ditetapkan sebagai situs warisan dunia UNESCO. Di kota ini terdapat University of Al Kairaouine yang didirikan sejak 859 sebelum Masehi, dan Masjid Kairaouine yang bisa menampung hingga 20 ribu jamaah.

5. Qom, Iran

Kota Qom terletak sekitar 35 km dari ibukota Teheran. Di kota ini terdapat makam putri kesayangan Nabi Muhammad SAW, Fatima, sehingga Qom disebut sebagai kota suci. Banyak pula ulama dan ilmuwan Islam yang tinggal ataupun dimakamkan di Qom. Pemimpin revolusi Iran, Imam Khoeini pun menuntut ilmu di kota ini.

6. Granada, Spanyol

Granada dahulu pernah menjadi pusat ilmu keislaman terbesar dan merupakan pusat perkembangan kebudayaan Islam pada masa kekuasaan Bani Ahmar. Pada masa itu dibangun pula sebuah istana indah bernama Al Hambra yang hingga kini masih berdiri kokoh di Granada. Kota ini juga dapat dijadikan salah satu destinasi wisata sejarah islam.

7. Istanbul, Turki

Dahulu Istanbul bernama Konstantinopel sebelum akhirnya diubah menjadi Istanbul oleh Kerajaan Ottoman di bawah pimpinan Sultan Muhammad II. Arti kata Istanbul berarti 'kota Islam'. Sejumlah bangunan menjadi saksi kejayaan Islam pada masa Ottoman. Contohnya Hagia Sophia, sebuah bangunan peninggalan zaman Bizantium yang awalnya merupakan gereja, kemudian diubah menjadi masjid, dan kini menjadi museum.

Kemudian di kota ini ada pula Topkapi Palace, istana raja pada abad ke-15 sampai 17 yang ditetapkan sebagai situs warisan budaya dunia UNESCO dan kini berfungsi sebagai museum. Topkapi Palace menyimpan banyak benda peninggalan Rasulullah SAW, seperti pedang, mantel, gigi hingga jejak telapak kaki.

Itulah 7 kota yang menjadi saksi bisu peninggalan sejarah islam. Semoga bermanfaat.


Sumber : http://www.dream.co.id/jejak/7-kota-yang-menjadi-saksi-bisu-sejarah-peradaban-islam-dunia-1507276.html

0 Response to "Tujuh kota yang menjadi Saksi Bisu Perisitiwa Sejarah Perkembangan Islam"

Post a Comment

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel