Biografi Singkat DR. Khalid Basamalah, MA

Biografi Singkat DR. Khalid Basalamah, MA. Akhir-akhir ini kita dihebohkan dengan dibubarkannya pengajian yang dibawakan oleh ustadz Khalid Basamalah ini. Hal ini karena mereka menganggap bahwa ceramah-ceramah yang dibawakan oleh ustadz Khalid ini bersifat provokatif dan adu domba. Tidak hanya itu, mereka juga menganggap bahwa ceramahnya cenderung menimbulkan ujaran kebencian dan dapat memecah belah kerukunan umat dan NKRI. Padahal sebenarnya beliau sangat berpegang teguh pada ajaran islam dengan dalil yang kuat.

Biografi Singkat DR. Khalid Basamalah, MA

Untuk mengenal lebih jauh tentang Ustadz Khalid Basamalah, berikut fakta dan biografi singkatnya :

Ustad Khalid mempunyai sebuah restoran ternama di daerah kalibata yang bernama Ajwad Resto. Ajwad Resto adalah restoran dengan cita rasa dan nuansa Timur Tengah, diracik dengan bumbu masakan yg sarat rempah rempah, disajikan oleh chef yang berpengalaman. Beliau juga merupakan Ustadz terpopuler di Youtube hal ini terlihat Ustadz Khalid Basalamah adalah Ustadz yang menduduki peringkat pertama Ustadz yang paling disarankan oleh situs Youtube. Aqidah Salafi Ustadz Khalid Basalamah sangatlah kuat mengikuti Ahlus Sunnah wal Jama’ah, seperti halnya yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam kepada para Sahabatnya radhiyallahu anhum, dan yang diikuti oleh Tabi’in, dan diteruskan oleh Imam yang Empat, yaitu Imam Abu Hanifah (Hanafi), Imam Malik, Imam Syafi’i dan Imam Ahmad (Hambali).

Ustadz Khalid Basalamah banyak dituding sebagai Ustadz yang menyebarkan paham wahabi. Pihak yang menuding berasal dari orang-orang Syi’ah yang sangat membenci Ulama Ahlus Sunnah. Mereka menggelari orang-orang yang berusaha untuk memurnikan ajaran Nabi dengan semurni-murninya dengan sebutan Wahabi. Mengapa? agar orang-orang awam ikut terpengaruh untuk membenci dakwah sunnah. Hal ini kemudian diikuti oleh orang-orang yang masih berpegang pada agama Islam Tradisional yang malah ikut-ikutan memberi gelar tersebut kepada Ustadz-ustadz Salafi yang dikenal melarang meminta do’a kepada orang mati dan mengambil perantara orang mati dalam berdo’a.

Ceramah Ustadz Khalid Basalamah menjadi ceramah yang kental dan padat dengan dalil-dalil yang Shahih karena mempunyai rujukan yang kredibel dari kitab yang beliau pelajari. Kitab Bulughul Maram dibahas dengan sangat baik oleh beliau. Kitab tersebut mempunyai judul lengkap Bulugh al-Maram min Adillat al-Ahkam, disusun oleh Ulama Ahlus Sunnah yang bernama Al Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani (773 H – 852 H). Kitab ini merupakan kitab hadits tematik yang memuat hadits-hadits yang dijadikan sumber pengambilan hukum fikih (istinbath) oleh para ahli fikih. Kitab ini menjadi rujukan utama khususnya bagi fikih dari Mazhab Syafi’i. Kitab ini juga banyak diterjemahkan di seluruh dunia.

Selain itu, beliau juga mempunyai pembahasan lengkap seputar kitab atau buku Minhajul Muslim. Kitab Minhajul Muslim yang ada di ini merupakan satu dari sedikit karya tulis dalam bentuk ringkas yang menggambarkan ajaran islam secara menyeluruh. Ditulis oleh seorang ulama besar yang tinggal di kota Madinah Saudi Arabia yang hingga saat ini masih aktif memberikan kajian-kajian dan ceramah-ceramah ilmiah di Masjid Nabawi. Hampir seluruh aspek agama dijelaskan dalam buku ini dengan merujukkan kepada Al-Qur’an dan Hadits Nabi Sallallahu’alaihi wasallam.

Ustadz Khalid Basalamah mempunyai sanad keilmuan yang tinggi. Beliau belajar kepada para Ulama Ahlus Sunnah yang mempunyai sanad yang bersambung secara berurutan dari Ulama kontemporer, Ulama Salaf, para sahabat, dan dari Rasulullah.

Biodata Ustadz Khalid Basamalah

1. Nama : Khalid Zeed Abdullah Basalamah

2. Lahir : Makassar, 01-Mei-1975

3. Pendidikan:  S1 Universitas Islam Madinah (Arab Saudi), S2 Universitas Muslim Indonesia (Indonesia), S3 Universitas Tun Abdul Razzak (Malaysia)

4. Lembaga : Ustadz Khalid Basalamah Ketua Umum di Yayasan Ats Tsabat Jakarta Timur Ketua di Forum Pengiriman Dai Irian Penasehat di Wesaltv Jakarta

5. Bisnis: Ustadz Khalid Basalamah Direktur di PT. AJWAD Jakarta Barat  (Bergerak pada bidang bisnis KAYU GAHARU, AJWAD GOLD, AJWAD RESTORAN Timur Tengah (Kalibata City Square), AJWAD Souvenir Timur Tengah (Oleh-oleh haji) (Kalibata City Square) dan penerbitan buku-buku Islam.

sumber:
http://www.ikhwansunnah.net/2016/11/biografi-ustadz-dr-khalid-basalamah-ma.html

https://www.harianpublik.com/siapa-sebenarnya-ustadz-dr-khalid-basalamah-lihat-fakta-fakta-mencengangkan-tentang-beliau.html

1 Response to "Biografi Singkat DR. Khalid Basamalah, MA"

  1. Bagaimana dengan pengajian beliau yang menyatakan bahwa mengusap kepala bukan bagian dari rukun wudhu, melainkan sunnat muakkad. adapun rukun wudhu sebagaimana rukun tayamum.

    ReplyDelete

Tinggalkan Komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel